10 Tips Hijrah menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Di akhir jaman ini kita bisa lihat perubahan yang semakin menjadi-jadi, di mulai dari prilaku manusia, bumi yang tergerus oleh jaman, hingga sudah munculnya beberapa tanda-tanda kiamat yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Tidak sadarkah kita kalau sesungguhnya hari kiamat atau bahkan kematian sudah menunggu di depan kita, sedangkan kita masih terperdaya oleh hingar bingarnya nikmat dunia dimana dunia itu sendiri sudah tua. Seandainya kita tahu kapan datangnya hari kiamat atau kematian, tentu kita bisa mengatur waktu untuk menebus semua dosa yang pernah dilakukan dan menjadi pribadi yang baik di mata Allah SWT. Tapi kenyataannya kita bahkan Nabi Muhammad SAW saja tidak mengetahui kapan hal tersebut akan terjadi.
Maka dari itu untuk meraih kemenangan diakhirat nanti dan bertemu dengan Allah SWT tidak ada salahnya dimulai dari sekarang kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi di mata Allah SWT. Tidak ada ruginya kita berusaha untuk memperbaiki diri, bahkan jika kita lihat orang tua yang udah renta, mereka rela mati-matian untuk beribadah terkadang terlihat penyesalan mereka meratapi masalalunya yang "mungkin" hanya di manfaatkan untuk kesenangan duniawi yang fana saja. Dan alangkah baiknya kita yang "mungkin" masih di beri umur panjang untuk mulai melatih diri menjadi lebih baik lagi.
Disini saya akan berikan tips untuk menjadi pribadi yang baik di mata Allah SWT, diantaranya yaitu :
   1. Niat yang ikhlas untuk berubah.
 Tanpa niat suatu usaha apapun tidak akan berhasil. Maka dari itu teguhkan dalam hati niat untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi.
   2.Selalu merasa diawasi oleh Allah SWT           dan malaikat.
 Kita seringkali lupa kalau sebenarnya Allah SWT dan malaikat selalu mengawasi kita, sehingga kita lalai akan perintah maupun larangan-Nya. Dengan kita menyadari adanya "pengawasan", maka insyaallah kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak.
   3. Percaya akan adanya setan yang selalu          menghasut kita.
 Kita mungkin percaya akan adanya setan tapi kita kadang tidak sadar akan bisikan setan yang dapat menjerumuskan kita. Dengan sadar akan adanya "fitnah" setan maka kita akan lebih waspada dalam menjalani kehidupan.
   4. Perbanyak dan sempurnakan ibadah.
  Memperbanyak ibadah sekaligus menyempurnakannya adalah salah satu usaha diri untuk selalu tetus dekat dengan Allah SWT dan menjauhkan diri dari hasutan setan serta hal-hal yang di larang oleh Allah SWT. Menyempurnakan disini artinya yaitu berusaha mengafdhalkan/ memperbaiki kualitas ibadah kita.
   5. Selalu berdoa memohon bimbingan          dan perlindungan-Nya.
 Berusaha semaksimal mungkin tanpa berdoa meminta bantuan-Nya adalah sombong. Walau bagaimanapun doa dan usaha saling berkesinambungan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
   6. Mengharap supaya dapat berjumpa            dengan Allah SWT dan masuk surga.
  Bisa dikatakan cita-cita umat islam yaitu masuk surga dan bertemu dengan Allah SWT. Jadikan itu sebagai impian yang harus diwujudkan dengan cara menjalankan perintah dan meninggalkan larangan-Nya.
    7. Berusaha berprilaku seperti apa yang       di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  Walau bagaimana pun Nabi Muhammad SAW adalah manusia ciptaan Allah yang sempurna maupun akhlak atau budi pekertinya yang harus kita contoh.
    8. Takut akan adzab Allah SWT.
  Mungkin kita sering mendengar adzab-adzab yang Allah berikan kepada orang yang berbuat dosa. Jadikanlah rasa takut tersebut sebagai pagar bagi kita untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.
    9. Perbanyak dzikir dan shalawat.
  Disetiap ada waktu luang usahakan kita untuk selalu berdzikir dan shalawat, bahkan waktu kita sedang sibuk dengan pekerjaan bukan tidak mungkin untuk kita melakukan hal tersebut. Karena dengan berdzikir dan shalawat akan memambah pahala sekaligus mengingatkan kita kepada Allah SWT.
   10. Sabar.
  Faktor yang sangat mempengaruhi usaha kita. Tanpa sabar, kita mudah berputus asa untuk melanjutkan perjuangan yang banyak rintangannya. Apalagi dengan bantuan biaikan setan, kita mudah sekali terpedaya dan akhirnya sia-sialah apa yang kita usahakan. Maka dari itu kita harus senantiasa bersabar untuk mencapai hasil yang sempurna.

   Mungkin itu yang bisa saya sampaikan tentang tips hijrah menjadi pribadi yang lebih baik. Semua tergantung dari pada diri masing-masing, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Semoga kita di mudahkan untuk berhijrah dan menjadi pribadi yang baik di mata Allah SWT.
Mohon maaf apabila ada kesalahan, mohon koreksinya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer